Praktek Pembuatan PCP di Desa Klopodhuwur Petak 112a




Pada Hari Minggu (26/2/2017) Pukul 08.00 WIB sampai dengan 11.00 WIB, Saka Wanabakti Blora telah melaksanakan Kegiatan Kehutanan Rutin Bulanan ke 2 Di Petak 112a BKPH Kalisari KPH Blora masuk Desa Klopodhuwur, Kec Banjarejo Kab Blora. Kegiatan ini diikuti oleh 29 Anggota Saka Wanabakti dan 2 Pendamping. Kegiatan Kehutanan ini adalah salah satu praktek di bidang Kehutanan dibawah Krida Bina Wana yang isinya adalah Pembinaan dan Pemeliharaan Hutan. Di Lokasi ini, Anggota Saka Wanabakti diajarkan cara untuk membuat PCP (Petak Coba Penjarangan) yang secara umum oleh Masyarakat dikenal dengan Pendataan Pohon. Selain dijelaskan oleh Kak Budi selaku Instruktur PCP dengan teori, mereka juga di haruskan mempraktekkan cara pembuatan PCP dengan alat yang sudah disiapkan berupa Haga Hypsometer(Pengukur Tinggi Pohon) dan Tali Tampar kecil sebagai alat pendukung.
Kak Budi Menjelaskan, Praktek ini bertujuan untuk pembuatan Data valid tentang Pohon pohon di lokasi Hutan secara cepat dan tidak sulit karena kita membuat tabel dan sudah ada acuan umumnya dari Pusat Dirut. Meskipun data yang kita dapat nanti tetap ke-akurasi-annya belum 100% karena tiap personal yang mengerjakan berbeda beda hasil prakteknya. namun tetap kita bisa memakai data tersebut sebagai acuan kedepannya.




Selain dijelaskan oleh Kak Budi selaku Instruktur, Pamong Saka, Kak Agung selaku bagian perencanaan (Tanaman Produksi) juga membantu dalam penyampaian Materi Peta Lokasi Petak dan Cara Membaca Peta Buta Perhutani yang berbeda dari Peta pada umumnya. Kegiatan ini berjalan lancar dan diselingi Istirahat pada pukul 10.00 WIB dan selesai dengan Apel penutupan dan perjalanan Pulang pada pukul 11.00 WIB.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tata Cara dan Pemakaian TKK

Arti dan Lambang Badge Bantara/Laksana dan Prinsip dasar Kepramukaan

MATERI KRIDA BINA WANA