Saka Wanabakti Blora Bakti Sosial di Wana Wisata Goa Terawang Dalam Rangka Hari Pramuka Ke 57


Bulan Agustus adalah Bulan yang sakral bagi Pramuka Indonesia, karena di bulan ini tepatnya tanggal 14 Agustus adalah diperingatinya Hari Pramuka dan Tahun 2018 ini Pramuka Indonesia telah Berumur 57 Tahun sejak 1961. Dan untuk merayakan Hari Pramuka, Satuan Karya Pramuka Wanabakti Blora mengadakan Sebuah Kegiatan Istimewa, Minggu (20/8/2018).

Pada Hari minggu tanggal 20 Agustus 2018 lalu, Saka Wanabakti Blora mengadakan Bakti Sosial berupa Bersih-bersih di Area Wisata Goa Terawang, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora. Kawasan Wisata Goa Terawang ini adalah salah satu kawasan Hutan yang dikelola dibawah Perum Perhutani KPH Blora. Di Area Goa Terawang, terdapat Wisata alam yang seperti nama areanya adalah Goa Alam yang dibagian atasnya berlubang atau Bolong. Karena itulah Goa ini disebut sebagai Goa Terawang, karena bisa di terawang dari atas.


Dalam kegiatan ini pula, Saka Wanabakti juga sekaligus mengenalkan kepada Anggota barunya tentang penelusuran Goa, salah satu TKK dalam Krida Reksa Wana, mereka dikenalkan Bagian-bagian goa, cara melestarikan ekosistem Goa, dan cara supaya bisa memanfaatkan Goa Alam tanpa mengeksploitasikannya.

Salah Satu Peserta Bakti Sosial ini, bernama Prio, Siswa SMK 1 Blora Jurusan Tenaga Listrik berkomentar, “kegiatan ini adalah salah satu kegiatan yang sangat bermanfaat karena bukan hanya berkenalan dengan alam, namun juga bisa menjadi edukasi bagi anak muda jaman milenial supaya bisa menghargai alam.”


Ini adalah salah satu wujud dari Saka Wanabakti Sendiri yaitu pramuka yang bergerak di bidang Kehutanan dengan tema “Back To Nature” yang di cetuskan oleh Ketua Harian 2 Ibu Sylvie Koesoemaningrum, SP.

“Saya berharap Saka Wanabakti bisa kembali Menjadi Pramuka yang Hijau lagi, yang semula hanya berkegiatan di Indoor, sekarang dalam sebulan sekali bisa berkegiatan Outdoor 1 bulan Sekali dengan kondisi seadanya tanpa harus muluk muluk persiapannya.” Kata Ketua Harian 2 Saka Wanabakti Blora.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tata Cara dan Pemakaian TKK

Arti dan Lambang Badge Bantara/Laksana dan Prinsip dasar Kepramukaan

MATERI KRIDA BINA WANA